Artikel

ARTIKEL KEMENKES 2020

Untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kesehatan, perancangan sistem validasi rekomendasi pelatihan merupakan salah satu strategi pelatihan yang diselenggarakan secara profesional dan bermutu. Sistem validasi rekomendasi pelatihan mendukung kinerja sumber daya manusia kesehatan dalam bidang penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan yang bermutu merupakan harapan dari setiap penyelenggara pelatihan. Pelatihan yang bermutu yaitu pelatihan yang diselenggarakan sesuai dengan rencana dan standar yang telah ditetapkan.
 
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan Pasal 3: (1) Pelatihan tenaga kesehatan dapat diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan atau Masyarakat, (2) Pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi program pelatihan dan tenaga pelatih yang sesuai dengan standar profesi dan standar kompetensi serta diselenggarakan oleh institusi penyelenggara pelatihan yang terakreditasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
Seiring dengan perubahan organisasi Kementerian Kesehatan RI melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor: 64 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan, Pusat Pelatihan SDM Kesehatan bertugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pelatihan sumber daya manusia kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
Rekomendasi pelatihan pada hakikatnya merupakan tahapan rencana dalam menyelenggarakan suatu pelatihan untuk mewujudkan pelatihan yang bermutu. Sebagai kebutuhan dari pelaksanaan pelatihan tenaga kesehatan yang dilaksanakan oleh Institusi Pusat Pelatihan.
 
Sistem rekomendasi pelatihan merupakan sistem yang mengatur proses administrasi berkas dalam menyampaikan rekomendasi penyelenggaraan pelatihan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sistem ini memfasilitasi proses pengajuan, revisi, validasi, verifikasi, dan surat rekomendasi untuk bekal pelatihan yang dapat diunduh oleh sistem.
 
Berdasarkan latar belakang diatas maka diperlukan perancangan sistem validasi rekomendasi pelatihan guna mendukung kinerja dan proses penyelenggaraan pelatihan.

Diskusi (0)

Berikan Komentar

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan kesehatan. Kementerian Kesehatan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat : Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120
Kode Pos : No. 6015/JKS/GN
Telepon : 021 724 55 17, 021 727 973 02
Fax : 021 726 30 83

Powered by Wellcode Global ©