Artikel

Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Menuju E-Sertifikat Pelatihan

Pada hari Senin, 14 Juni 2021 yang lalu, Pusat Pelatihan SDM Kesehatan menyelenggarakan Workshop Akreditasi Pelatihan (Aplikasi E-Sertifikat Pelatihan Kesehatan).  Aplikasi E-Sertifikat ini merupakan upaya Pusat Pelatihan SDM Kesehatan dalam menyikapi perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat khususnya di bidang pelatihan serta memahami tingginya kebutuhan akan dokumen elektronik dalam rangka menyongsong Revolusi Industri 4.0.

E-Sertifikat ini bertujuan agar seluruh data peserta pelatihan yang mendapatkan sertifikat dapat terintegrasi dalam suatu sistem yang mudah diakses, efektif dan efisien, serta keabsahan data dapat dengan mudah diketahui, serta data peserta latih dapat terintegrasi dengan Sistem Informasi SDMK sehingga diharapkan akan dapat melengkapi data peningkatan kompetensi yang telah diikuti oleh SDMK.

Namun dalam upaya implementasinya, masih ditemukan beberapa kendala salah satunya adalah karena penerbitan sertifikat pelatihan   dilakukan secara elektronik, maka pejabat penandatangan sertifikat (Pimpinan Institusi Penyelenggara Pelatihan baik di lingkungan Kemenkes,Daerah,Swasta) harus sudah memiliki e-sign atau tanda tangan elektronik yang terdaftar pada Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), sehingga ke depannya seluruh proses penerbitan sertifikat dapat dilakukan melalui sistem/aplikasi e-sertifikat.

Semoga inovasi ini dapat melahirkan perubahan dan perbaikan dalam pelayanan akreditasi pelatihan serta sertifikat pelatihan menjadi lebih lebih baik bagi seluruh stakeholder.

Diskusi (0)

Berikan Komentar

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan kesehatan. Kementerian Kesehatan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Badan PPSDM Kesehatan RI

Alamat : Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120
Kode Pos : No. 6015/JKS/GN
Telepon : 021 724 55 17, 021 727 973 02
Fax : 021 726 30 83

Powered by Wellcode Global ©